Rabu, 03 September 2014

Mengenal Tentang Internal Link dan Manfaatnya Untuk SEO

Mengenal Tentang Internal Link dan Manfaatnya Untuk SEO

Mengenal tentang internal link dan manfaatnya untuk seo akan menjadi tema bahasan saya kali ini. Optimisasi seo situs untuk mendapatkan posisi terbaik di serp sangat tergantung oleh backlink walaupun sebenarnya hal ini masih menjadi perdebatan panjang dikalangan master seo. Ada beberapa webmaster yang menyatakan bahwa di era algoritma terbaru google sebagai salah satu mesin pencari atau search engine terbesar saat ini tidak terlalu memberikan predikat blog di serp mereka berdasarkan jumlah backlink akan tetapi lebih pada kualitas konten blog. Namun ada beberapa webmaster seo lainnya yang menyatakan bahwa backlnik masih menjadi hal yang penting untuk mendongkrak posisi blog di serp google.

Saat ini untuk mendapatkan backlink atau membangun backlink dari luar atau eksternal link building blog menjadi hal yang paling sulit untuk dilakukan dan ini juga saya rasakan sendiri. Salah dalam melakukan pencarian backlink dengan melakukan kegiatan spamming misalkan akan menjadi bumerang bagi anda sendiri karena bisa jadi ketika anda melakukan pencarian untuk mendapatkan backlink dengan cara cara spamming malah akan memberikan efek buruk bagi blog anda seperti misalkan blog anda terkena Google Sandbox, cap spammer, penghapusan blog karena spam, penalti Google, dan seterusnya. Oleh karena itu sebaiknya anda berpikir dua kali untuk melakukannya dan usahakan cara untuk mendapatkan backlink lakukanlah dengan cara yang baik dan benar.

Nah, tahukah bahwa di antara berbagai strategi menciptakan backlink, internal linking merupakan salah satunya? Ya, internal links atau link yang menuju ke halaman-halaman internal sebuah website/blog juga merupakan backlink. Dan, hebatnya, sebuah internal link yang dibuat dengan relevan, strategis, baik dan matang bisa menjadi backlink yang berkualitas dan berpengaruh besar bagi search engine dan pembaca. Kenyataannya nih, internal linking adalah salah satu strategi link building yang paling mudah dan seharusnya menjadi awal dari segala teknik link building selanjutnya. Ya!

Manfaat Internal Link

Untuk saya pribadi, tujuan utama dari internal linking adalah untuk memudahkan mesin pencari dalam menjelajahi, mengindeks semua halaman, dan melihat struktur blog saya secara keseluruhan. Struktur website yang rapih akan membuat semua halaman website Anda terindeks dengan baik di Search Engine, dan ini artinya halaman situs Anda akan mudah dicocokkan dengan pencarian user di Search Engine, misalnya Google.

Berikut ini adalah manfaat internal link building diantaranya :
  • Meningkatkan penggunaan dan pengalaman user di situs Anda
  • Meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) situs Anda
  • Meningkatkan visibilitas konten di dalam website Anda

Strategi dan Tips Internal Link Building

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara membangun internal link yang baik dan strategis serta bisa menjadikan blog lebih seo friendly di mesin pencari seperti google?. Dari beberapa referensi yang saya dapatkan ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam hal usaha melakukan internal link building ini diantaranya :
  • Buat internal linking ke halaman yang terkait.
  • Buat internal linking sewajarnya, jangan terlalu banyak.
  • Gunakan anchor text yang berfariasi dan sesuai dengan halaman yang dituju.
  • Lakukan internal linking dengan teratur.
Demikianlah sekilas tentang mengenal tentang internal link dan manfaatnya untuk SEO dan semoga saja apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda yang sekarang ini membaca artikel ini.
Di posting oleh : Bebotoh Meton , Update pada : 06.30 | ► 0 komentar